ANALISIS DAN KESIMPULAN PADA ANALISIS LOGO PESONA INDONESIA

 

HASIL DAN PEMBAHASAN ANALISIS

Pesona Indonesia merupakan kampanye yang dibuat untuk memperkenalkan Indonesia kepada seluruh dunia, dengan menunjukan berbagai macam audio visual yang menampilkan kekayaan alam Indonesia, mulai dari kebudayaan, tempat wisata, dan flora fauna endemik.

Dengan menampilkan berbagai macam kekayaan alam yang ada di Indoensia, tentunya logo menjadi Identitas penting dalam membangun citra kampanye. Audience yang melihat iklan tersebut akan tertuju pada apa yang diperlihatkan. Pada iklan kampanye, logo tentunya akan ditampilkan untuk menjadi suatu Identitas Pesona Indonesia, logo yang baik tentunya memiliki nilai makna didalamnya dan akan dapat dengan mudah diingat oleh masyarakat Indonesia maupun secara global.

Analisis yang dilakukan pada Logo Pesona Indonesia ini dianalisis menggunakan Teknik semiotika Charles Sanders Peirce. Yang didalamnya terdapat Representasi, Object, dan Interpretant. Logo Pesona Indonesia yang dianalisis akan dijabarkan mulai dari:

BENTUK


Bentuk merupakan suatu unsur fisik yang memiliki diameter, tinggi dan lebar, contoh bentuk yaitu seperti Kotak, Segitiga, dan Bulat. Pada logo Pesonoa Indonesia dapat dilihat bentuk tersebut menyerupai seekor burung dari gabungan antara 5 warna yang berbeda. Di Indonesia sendiri terdapat berbagai macam jenis burung endemic yang hidup di alam Indonesia, seperti:

Burung Cendrawasih, yang merupakan burung endemic asal Papua yang memiliki bulu indah, dan dijuluki sebagai “Birds of Paradise”. Burung Cendrawasih juga dijadikan

Burung Jalak Bali, yang merupakan burung endemic Indonesia yang bisa ditemukan di pulau Bali, memiliki bulu bewarna putih menjadikan jalak bali sebagau spesies burung Jalak yang memiliki keunikan pada warnanya.

Burung Elang Jawa, Burung endemic yang berasal dari Pulau Jawa, yang memiliki ciri khas bulu coklat dan memiliki jambul di kepalanya.

Dan masih banyak lagi jenis burung asli Indonesia yang dapat ditemukan secara langsung di berbagai daerah Nusantara.

Bentuk Burung yang terdapat pada logo Pesona Indonesia merupakan sebuah penandaan keberagaman satwa endemic serta kekayaan alam yang ada di Indonesia, serta menjadikan logo tersebut sejalan dengan tujuan kampanye Pesona Indonesia, yaitu bertujuan dalam mempromosikan bahwa Indonesia kaya dengan ketakjuban mulai dari manusia hingga alamnya yang menjanjikan pengalaman baru yang menyenangkan .

WARNA

Warna merupakan suatu unsur pentin dalam mendeskripsikan sebuah logo, karena warna memiliki berbagai makna filisofi yang terdapat di dalamnya. maka dari itu dalam pemilihan sebuah warna pada Logo tidak boleh sembarang, melaikan harus mencari tahu dulu makna yang terkandung pada setiap Warna. Pada Logo Pesona Indonesia terdapat 5 kombinasi warna yang berbeda yaitu Jingga, Ungu, Biru, Hijau, dan Magenta. Masing masing dari warna tersebut memiliki makna filosofis sebagai berikut:

a.      Jingga: Inovasi, Semangat Pembaruan, dan Keterbukaan.

b.     Ungu: Daya Imajinasi, Keimanan, Kesatuan Lahir dan Batin.

c.      Biru: Universalitas, Kedamaian, dan Keteguhan.

d.     Hijau: Kreativitas, Ramah Kepada Alam dan Keselarasan.

e.      Magenta: Keseimbangan, Akal Sehat, dan hal-hal kecil yang menyenangkan.

Kelima warna tersebut selaras dengan kampanye Pesona Indonesia yang ingin memperkenalkan Alam yang ada di Indonesia, serta menggambarkan keaneka ragaman budaya yang terdapat di Indonesia.

TYPE

Logotype “Pesona Indonesia” dan “Wonderful Indonesia” pada Logo tersebut memaknai keindahan alam serta keanekaragaman budaya yang ada di Indonesia.

a.      Pesona Indonesia: Menggambarkan keindahan alam Indonesia yang mempesona.

b.     Wonderful Indonesia (Kampanye pada Media International): Menggambarkan keindahan alam Indonesia yang Luar biasa.

TEORI CHARLES SANDERS PEIRCE DALAM LOGO PESONA INDONESIA

a.     Representemen



Logo Pesona Indonesia

Qualisign: Campuran lima warna pada logo pesona Indonesia

Sinsign: Terdapat bentuk pola hewan Burung

Legsign: Burung merupakan hewan endemik

Representasi yang timbul dari logo Pesona Indonesia merupakan hasil dari indra manusia yang melihat Logo tersebut, apakah logo tersebut sudah sesuai atau apakah yang ditangkap oleh Masyarakat dari logo Pesona Indonesia sendiri. Dapat dilihat dari bentuk, simbol, warna, tipografi yang ada pada logo tersebut.

b.     Object

Simbol Burung pada Logogram

Object pada logo Pesona Indonesia menggunakan bentuk Burung yang dibentuk dengan perpaduan berbagai macam garis lengkung. Menampilkan bentuk burung sebagai identitas dari negara Indonesia yang memiliki berbagai macam satwa endemik, salah satunya burung.

c.      Intrepretan

Logo Pesona Indonesia memiliki makna yang menginterpretasikan kekayaan alam yang ada di Indonesia

Interpretasi pada logo Pesona Indonesia mengandung makna simbol-simbol yang terdapat pada logo pesona Indonesia ingin mengungkapkan, bahwa Indonesia memiliki kekayaan alam yang melimpah, dapat dilihat dari berbagai macam satwa yang hidup di Indonesia.

 

KESIMPULAN

Indonesia merupakan negara yang memiliki keberagaman budaya didalamnya, Dengan melakukan kampanye melalui media digital dan elektronik, dapat memperkenalkan lebih dalam tentang kebudayaan yang ada di Indonesia, seperti flora dan fauna, dan sebagainya.

Pesona Indonesia (Wonderful Indonesia) mejadi nama yang digunakan pemerintah untuk melakukan kampanye dalam memperkenalkan parawisata Indonesia.

Setelah melakukan penelitian yang menggunakan teori analisis semiotika Charles Sanders Pierce untuk mengungkap makna yang terdapat pada logo Pesona Indonesia, dapat disimpulkan bahwa Pesona Indonesia (Wonderful Indonesia) merupakan kampanye yang memiliki makna yang ingin menunjukan bahwa Indonesia merupakan negara yang memiliki keberagaman dan kekayaan alam didalamnya, Dengan menggunakan bentuk burung yang merupakan hewan endemic sebagai simbol pada logo tersebut, dan gabungan lima warna yang merepresentasikan keberagaman Indonesia. 

 

DAFTAR PUSTAKA

https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&opi=89978449&url=https://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/HERITAGE/article/download/1565/1249&ved=2ahUKEwjkqceEy62GAxUxxTgGHSPmDcwQFnoECCwQAQ&usg=AOvVaw2ew3xYnqbYXTPQNO2ESbeL

https://binus.ac.id/malang/2022/07/bentuk-shape-atau-bidang-sebagai-elemen-desain/

https://www.traveloka.com/id-id/explore/destination/burung-endemik-di-indonesia-paling-populer-acc/260615

https://www.gramedia.com/best-seller/arti-warna-dalam-psikologi-dan-filosofinya/

https://etheses.iainkediri.ac.id/1604/3/933500415_bab%202.pdf

https://setkab.go.id/pesona-indonesiawonderful-indonesia-inspirasi-di-balik-jenama-pariwisata-indonesia/

 

link pendahuluan: https://apriliandudyhermawan202246500121.blogspot.com/2024/05/analisis-analisis-logo-pesona-indonesia.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Literature Review 20 Jurnal (Semiotika, Logo, Simbol)

Analisis Logo Pesona Indonesia dalam Menginterpretasikan Kekayaan Alam Indonesia