Kajian Seni Rupa dan Desain - REVIEW JURNAL
Aprilian Dudy Hermawan
202246500121
R4B
"PENGARUH GAME ONLINE"
GAME ONLINE
Game online merupakan permainan yang basisnya menggunakan jaringan internet, yang biasa dimainkan di komputer, smartphone, dan console game. Game online bisa dimainkan secara bersamaan dengan menggunakan komputer yang terhubung ke dalam sebuah jaringan tertentu. Game online biasanya diikat dengan semacam peraturan yang disebut End User License Agreement (EULA). Terdapat konsekuensi yang didapat apabila melanggar perjanjian tersebut bervariasi, sesuai dengan kontrak, mulai dari peringatan hingga penghentian.
Game online dapat berkisar dari yang sederhana lingkungan berbasis teks grafis game menggabungkan kompleks dan dunia maya dihuni oleh banyak pemain secara bersamaan. Banyak permainan online terkait komunitas online, membuat game online suatu bentuk kegiatan sosial di luar permainan pemain tunggal.
Terdapat berbagai macam genre yang dapat ditemui di Game Online seperti Perang, Balapan, Olahraga, Roleplay dll.
SEJARAH GAME ONLINE
Sejarah Game Online dimulai sejak tahun 1969. Aealnya permainan ini dikembangkan dengan tujuan pendidikan. Namun, kemudian pada awal 1970, sebuah sistem dengan kemampuan time-sharing yang disebut Plato, diciptakan untuk memudahkan siswa belajar secara online, dimana beberapa pengguna dapat mengakses komputer secara bersamaan menurut waktu yang diperlukan. Dua tahun kemudian, muncul Plato IV dengan kemampuan grafik baru, yang digunakan untuk menciptakan permainan untuk banyak pemain. Baru pada tahun 1995, games online mengalamin perkembangan, apalagi setelah pembatasan NSFNET (National Science Foundation Netwoek) dihapuskan sehingga akses kedomain lengkap dari internet. Kesuksesa monoter menghampiri perusahaan-perusahaan yang meluncurkan permainan ini, sehingga persaingan mulai tumbuh dan menjadikan game online semakin berkembang hingga hari ini.
DAMPAK GAME ONLINE
Pada dasarnya video game dibuat untuk hiburan semata. Kemajuan teknologi yang sangat cepat sedikit banyak membuat sebuah video game semakin mendekati kenyataan. Hal tersebut yang membuat banyak orang mengandrungi permainan ini, bahkan beberapa diantaranya kecanduan. Sama halnya seperti kebanyakan permainan, Game online juga memiliki dua sisi yang berbeda, sisi positif dan negatif, artinya game online memiliki pengaruh atau dampak yang saling bertolak belakang tergantung pada pemakainya. Sebagai manusia yang bijak ada baiknya kita membatasi diri agar tidak terjebak dalam dunia game terlalu dalam. Bermain game boleh saja, tapi perlu diingat bahwa sebagai manusia kita diharuskan bersosialisasi antar sesama dan membangun hubungan yang baik antar sesama manusia. Disamping banyaknya sisi negatif dari bermain game, terdapat pula sisi positif yang dapat dipertimbangkan orang tua untuk mengizinkan putra dan putrinya bermain video game.
A. Dampak Positif
Setiap game memiliki tingkat kesulitan yang berbeda. Umumnya permainan ini dilengkapi berbagai macam item seperti senjata, amunisi, karakter dan peta permainan berbeda. Untuk menyelesaikan level atau mengalahkan musuh secara efisien diperlukan strategi. Permainan game online akan melatih konsentrasi karena pada saat di dalam game pemain harus memecahkan sebuah masalah agar dapat meselesaikan sebuah misi didalam game.
Penelitian juga menyebutkan bahwa Game Online memiliki dampat positif sebagai berikut:
1. Menambah intelegansia
Penelitian di Manchester University dan Ventral Lnchashire Universiti telah melakukak penelitian yang membuktikan bahwa game yang bermain selama 18 jam per minggu memiliki kordinasi yang baik antara tangan dan mata setara kemampuan atlet.
2. Menambah Konsentrasi
Dr. Jo Bryce Kepala peneliti suatu universitas di Inggris menemukan bahwa gamer sejati mempunyai daya konsentrasi tinggi yang memungkinkan mereka mampu menyelesaikan beberapa tugas.
3. Meningkatkan Ketajaman Mata
Penelitian di Rochester University mengungkapkan bahwa anak-anak yang memainkan game action secara teratur mempunyai ketajaman mata yang lebih cepat dari mereka yang tidak bermain game.
4. Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Inggris
Riset di Indonesia membuktikan bahwa pria yang mahir berbahasa inggris di sekolah atau universitas tanpa kursus adalah mereka yang bermain game.
6. Meningkatkan Kinerja Otak
Bermain game yang tidak berlebihan dapat meningkatkan kinerja otak bahkan memiliki kapasitas jenuh yang lebih sedikit dibanding belajar dan membaca buku.
7. Meningkatkan kecepatan Mengetik
Kebanyakan game online menghatuskan pemain mengetik ketika sedang berkomunikasi dengan lawan bicara, sehingga hal ini secara tidak langsung akan membiasakan pemain dalam mengetik.
8. Menghilangkan Stress
Para peneliti di Indiana University menjelaskan bahwa bermain game dapat mengendurkan ketegangan syaraf.
B. Dampak Negatif
Game online dapat menyebabkan adiksi atau kecanduan yang kuat bagi permainnya. Sebagian besar game yang beredar saat ini memang didesain supaya menimbulkan kecanduan para pemainnya. Semakin seseorang kecanduan pada suatu game maka pembuat game semakin diuntugkan. Tapi keuntungan produsen ini justry menghasilkan dampak yang buruk bagi kesehatan psikologis pemain game. Mendorong melakukan hal-hal negatif.
1. Menimbulkan Adiksi (Kecanduan).
Bermain game online tentunya dapat menimbulkan kecanduan bagi para pemainnya, karena kebanyakan dari game saat ini didesain supaya menimbulkan kecanduan para pemainnya. Para pemain harus menyelesaikan suatu misi agar mendapatkan hadiah berupa item, karakter, gold didalam game tersebut, maka dari itu para pemain dapat menghabiskan waktu berjam-jam demi mendapatkan hadiah di dalam game.
2. Mendorong melakukan hal-hal negatif.
Walaupun jumlahnya tidak banyak tetapi cukup sering kita menemukan kasus pemain game online yang berusaha mencuri ID pemain lain dengan berbagai cara. Kemudian mengambil uang didalamnya atau melucuti perlengkapannya yang mahal-mahal.
3. Berbicara kasar dan kotor.
Permainan intense di dalam game dapat mengakibatkan tingkat emosi yang tinggi. Para pemain game online sering mengucapkan kata-kata kotor dan kasar saat bermain game online untuk meluapkan emosinya.
4. Terbengkalainya kegiatan di dunia nyata.
Keterikatan pada waktu penyelesaian tugas di game dan rasa asik memainkannya seringkali membuat berbagai kegiatan terbengkalai. Waktu beribadah, tugas sekolah, tugas kuliah ataupun pekerjaan menjadi terbengkalai karena bermain game.
5. Perubahan pola makan dan istirahat.
Perubahan pola istirahat dan pola makan sudah jamak terjadi pada gamers karena menurunnya kontrol diri. Waktu makan menjadi tidak teratur dan mereka sering tidur pagi demi mendapat happy hour (internet murah pada malam hari).
6. Pemborosan
Uang untuk membayar sewa komputer di warnet dan membelo gold/poin/karakter kadangkala nilainya bisa mencapai jutaan rupiah.
7. Mengganggu kesehaatan.
Duduk terus menerus didepan komputer selama berjam-jam jelas menimbulkan dampak negatif bagi tubuh. Contoh Penyakit Yang dapat ditimbulkan karena game online, Kelelahan mata, Ambeien, Carpat Tunner Syndrome, dan Menurunkan metabolisme.
CARA MENGATASI DAMPAK NEGATIF DARI GAME ONLINE
1. Niat.
Dalam mengatasi kecanduan game online yang paling utama adalah niat yang kuat untuk mengurangi bermain game online secara berlebihan. dengan adanya niat secara psikologis akan dapat mempermudah dalam menghadapi hal tersebut.
2. Mencari Kesibukan lain.
Seseorang dapat mulai mencari kesibukan lain, seperti melakukan hal yang disukai, seperti berolahraga, bermain di taman. sehingga waktu luang dapat di isi dengan hal-hal yang positif dan tidak ada waktu untuk bermain game online.
3. Mengatur jadwal bermain game.
Mengurangi waktu bermain dengan menentukan jam bermain, untuk tahap awal sehari bermain 3 jam dan untuk hari berikutnya dikurangi sedikit demi sedikit.
4. Menghitung jumlah uang yang dikeluarkan.
Dengan menghitung banyaknya uang yang dikeluarkan untuk bermain game online di warnet akan membuat seseorang lebih berfikir untuk tidak menghabiskan uangnya demi game online
5. Meminta bantuan Teman
Meminta bantuan teman agar menjadi pengingat ketika ingin bermain game online.
KESIMPULAN
Game Online merupakan permainan yang dasarnya menggunakan jaringan internet, yang dapat dimainkan melalui Komputer, Smartphone, dan Console game. Game online dapat dimainkan oleh anak-anak hingga orang dewasa. Di Era digital saat ini para remaja tidak lepas dari game online, sehingga membuat mereka lupa waktu akan belajar karena asik dengan dunia virtualnya. Berdasarkan uraian tiga Jurnal diaatas dapat disimpulkan Game Online memiliki banyak dampak yang dapat mempengaruhi kehidupan para pelajar, mulai dari efek negatif kecanduan game hingga lupa waktu dan mengabaikan kehidupan sosial sebagai makhluk hidup. Perlunya kesadaran diri sendiri dan bimbingan dari orang tua agar anak dibatasi dalam memainkan game online.
DAFTAR PUSTAKA
Krista Surbakti, 2017. Pengaruh Game Online Terhadap Remaja. (http://www.portaluniversitasquality.ac.id:5388/ojssystem/index.php/CURERE/article/view/20/22)
Tri Rizqi Ariantoro, 2016. Dampak Game Online Terhadap Prestasi Belajar Pelajar. (http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=1233009&val=13035&title=Dampak%20Game%20Online%20Terhadap%20Prestasi%20Belajar%20Pelajar)
Zulaikha Okta Putri, 2020. Pengaruh Game Online terhadap Komunikasi Sosial Pada Mahasiswa. (https://osf.io/preprints/inarxiv/cdrpa)
Komentar
Posting Komentar